Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

10 Cara membersihkan kotoran telinga dengan mudah

Kotoran telinga merupakan zat alami yang dapat melindungi telinga. Terkadang kotoran telinga yang berlebihan sulit dibersihkan. Cairan ini berkumpul di telinga dan menyebabkan penyumbatan dalam saluran telinga. Penyumbatan ini kemudian menimbulkan ketidaknyamanan pada pendengaran. salah satu cara yang baik untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan obat rumahan. 

Menurut para ahli, penyebab kotoran telinga yang berlebihan adalah kekurangan asam lemak Omega 3, seng dan magensium. Apabila diabaikan maka akan menumpuk jauh di dalam saluran telinga dari waktu ke waktu. Bahkan yang lebih parahnya lagi, seseorang dapat kehilangan pendengaran karena kotoran yang menumpuk.

Telinga merupakan organ yang sangat sensitif, jadi untuk membersihkannya harus dengan hati-hati. Berikut beberapa cara untuk membersihkan kotoran telinga seperti yang dilansir dari laman Boldsky :

1. Minyak Zaitun

Dengan menggunakan minyak zaitun merupakan cara yang paling aman untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitun hangat. Peras kelebihan minyak dan tempatkan pada telinga anda. setelah sekitar 15 menit, keluarkan kapas kemudian ulangi cara ini sampai kotoran berkurang.

2. Baby oil

baby oil adalah alternatif lain. karena baby oil itu lembut dan tak ada efek sampingnya untuk setiap jenis kulit. cara penggunaannya sama seperti minyak zaitun.

3. Cuka dan alkohol

Campurkan cuka dan alkohol, lalu semprotkan sebanyak dua tetes ke telinga. ambil kapas yang bersih dan lembut, pijat telinga bagian dalam. Ulangi proses ini sampai kotoran kuping yang berlebihan bisa diangkat.

4. Air garam

Buatlah larutan garam menggunakan air hangat. kemudian miringkan kepala anda ke samping dan teteskan air perahan-lahan ke dalam telinga. kembalikan kepala anda ke posisi normal lalu bersihkan kotoran telinga dengan kapas. ulangi proses sampai telinga bersih

5. Minyak kelapa

Tuang minyak kelapa ke dalam sendok, panaskan sendok dengan api lilin. setelah minyak agak hangat, celupkan kapas yang berbentuk bulat seperti cutton bud, peras kelebihan minyak, dan pasang kapas tersebut ke telinga anda. Panas dari minyak kelapa akan merontokkan kotoran telinga.

6. Air hangat

Setelah anda mandi, cuci telinga anda dengan air hangat.

7. Gliserin

Cara selanjutnya untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan gliserin. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. lalu bersihkan telinga menggunakan kapas. Ulangi proses sampai telinga bersih.

8. Bawang putih

Hancurkan bawang putih di ulekan, setelah itu masukkan bawang putih kedalam sendok dan panaskan diatas api lilin.

9. Hidrogen Peroksida

Mungkin ini terdengar terlalu kimiawi, tetapi hidrogen peroksida adalah bahan alami. campurkan peroksida dengan air dengan komposisi yang sama, tuangkan cairan ke dalam kapas, lalu peras kapas dan masukkan cairan ke telinga.

10. Cuka apel

Cuka apel adalah resep rumahan yang efektif untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya miringkan kepala anda ke samping kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel. Gulungkan bola kapas ke telinga anda, dan biarkan selama satu jam. Ulangi proses sampai anda merasa nyaman

Sekian..Semoga bermanfaat..



Terima kasih telah membaca artikel tentang 10 Cara membersihkan kotoran telinga dengan mudah di blog CaMpUr-cAmPuR jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com